Saturday 5 October 2019

Statistika

A. Pengertian statistika
Kata statistika berasal dari bahasa Latin status, yang berarti keadaan politik. Pada awalnya kata statistika digunakan untuk merujuk kepada data tentang keadaan politik; data sensus, data militer, dan data fiskal. jadi statistika adalah cara ilmiah untuk mengumpulkan, mengorganisasikan, menyajikan, dan menganalisis data, serta menarik kesimpulan sahih dan mengambil keputusan layak berdasarkan analisis yang dilakukan.

Berdasarkan fungsinya, statistika dapat digolongkan secara garis besarnya ke dalam dua bidang yang tumpang tindih yaitu sebagai berikut:
1. Statistika deskriptif adalah menyajikan informasi dalam bentuk yamg tepat, dapat digunakan dan dapat dimengerti.
2. Statistika inferensial adalah statistika yang mempelajari bagaimana caranya mengumpulkan data, mengelolah data, menyajikan data, menganalisis data, membuat kesimpulan dan mengambil keputusan.


B. Populasi dan Sampel
Populasi adalah keseluruhan aspek tertentu dari ciri, fenomena, atau konsep yang menjadi pusat perhatian.
Sampel adalah sejumlah anggota yang dipilih/diambil dari suatu populasi atau sampel itu sebagian dari populasi.

C. Data dan Peubah
Data merupakan suatu informasi atau fakta dan biasanya dinyatakan dalam bentuk angka. Sedangkan peubah adalah topik atau peristiwa itu sendiri.

D. Parameter dan Statistik
Parameter adalah data sensu yang digunakan menghitung sifat-sifat kuantitatif populasi akan menghasilkan besaran.
Statistik adalah kumpulan data yang bisa memberikan gambaran tentang suatu keadaan. Statistik digunakan untuk menaksir parameter atau menguji hipotesis tentang parameter.

E. Statistika Parametrik dan Nonparametrik
Statistika parametik adalah suatu uji yang modelnya menetapkan adanya syarat-syarat tertentu tentang variabel populasi yang merupakan sumber sampel penelitian. Statistika parametric lebih banyak digunakan untuk menganalisis data yang berskala interval dan rasio dengan dilandasi dengan syarat-syarat tertentu.
Statistika nonparametrik adalah uji statistik yang tidak memerlukan adanya syarat-syarat tersebut. statistika nonparametric dugunakan untuk menganalisis data yang berskalar nominal dan ordinal.

No comments:
Write komentar