Friday 28 August 2020

MAKAN TELUR AYAM KAMPUNG MENTAH, APA SAJA MANFAATNYA BAGI KESEHATAN ?

Nutrisi pada telur ayam kampung cenderung lebih banyak daripada telur ayam potong, terutama kandungan omega-3-nya.
Telur ayam kampung mengandung antioksidan 2 kali lebih banyak, sehingga baik bagi kesehatan jantung.


Kandungan protein, karbohidrat, dan zat besi pada telur ayam kampung dapat membantu mendongkrak energi tubuh. Cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang ingin memiliki badan atletis, karena telur ayam kampung mentah dapat membentuk otot. Tidak mengandung kolesterol sehingga lebih aman bagi tuh.  Mengandung selenium yang dapat membantu meningkatkan kualitas sperma, dari segi jumlah dan pergerakan (mobilitas).

Beberapa orang atau mungkin Anda sendiri pernah meminta tambahan ekstra telur ayam kampung ke dalam segelas jamu. Katanya, telur yang dimakan mentah-mentah bisa mendongkrak stamina dalam tubuh, terutama bagi kaum pria. Lantas, benarkah manfaat telur ayam kampung mentah sedahsyat itu? Berikut ulasan lengkapnya.
Mengonsumsi telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun hati-hati, jika dikonsumsi secara berlebihan akan meningkatkan kolesterol dalam darah.

Salah satu jenis telur yang paling sering dikonsumsi adalah telur ayam. Telur ayam juga terdiri dari 2 jenis, yaitu telur ayam kampung dan telur ayam potong. Jika keduanya dibandingkan, kandungan gizi pada telur ayam kampung ternyata lebih banyak daripada telur ayam potong. Hal ini terlihat dari lebih banyaknya kandungan omega-3 pada telur ayam kampung yang baik untuk tumbuh kembang anak.

Bukan cuma omega-3, telur ayam kampung juga mengandung nutrisi lengkap lainnya seperti protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, dan zat besi. Belum lagi dengan kandungan vitamin A dan vitamin B12 yang semakin melengkapi nutrisi telur ayam kampung.

Selain harus dimasak dahulu, telur ayam kampung juga dapat dikonsumsi secara langsung. Makan telur ayam kampung mentah-mentah justru memberikan manfaat lebih banyak dibandingkan mengonsumsi telur yang telah dimasak.

Anda tidak perlu khawatir sistem pencernaan akan terganggu saat mengonsumsi telur ayam kampung secara mentah. Pasalnya, enzim alami dalam telur akan membantu proses pencernaan makanan sampai diserap dengan baik oleh tubuh.

Berikut beberapa manfaat telur ayam kampung mentah yang dikonsumsi secara langsung, antara lain:
1. Menyehatkan jantung
Telur ayam kampung mengandung antioksidan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan antioksidan pada telur ayam kampung diketahui 2 kali lebih banyak dibandingkan sebuah apel.

2. Memberikan sumber energi tambahan
Manfaat telur ayam kampung mentah juga dapat memberikan energi tambahan pada tubuh. Bahkan telur ayam kampung yang dikonsumsi mentah mengandung protein, karbohidrat, dan zat besi lebih banyak dibandingkan dengan telur ayam kampung yang telah dimasak.

3. Mencegah kanker
Secara khusus, bagian kuning pada telur ayam kampung mentah mengandung asam amino triptofan dan tripsin yang dibutuhkan tubuh. Tak hanya itu, makan bagian kuning telur ayam juga bermanfaat untuk mencegah risiko terjadinya kanker.

4. Membantu pembentukan otot
Para atlet dan binaragawan sering kali mengonsumsi putih telur yang direbus ntuk membantu pembentukan otot agar lebih atletis. Ternyata, makan telur ayam kampung mentah juga memberikan manfaat yang sama, yakni membentuk otot.

5. Mencegah katarak
Katarak biasanya terjadi pada orang yang memasuki usia lanjut. Mengonsumsi telur ayam kampung mentah dapat dijadikan salah satu alternatif untuk menghindari risiko terjadinya katarak saat memasuki usia lanjut. Maka dari itu manfaat telur ayam kampung untuk katarak bisa sangat diandalkan.

6. Bebas kolesterol dan lemak
Telur ayam dikenal mengandung kolesterol tinggi sehingga kerap dihindari. Namun jangan salah, kandungan telur ayam kampung justru tidak mengandung kolesterol.

7. Mengubah suasana hati
Saat Anda sedang suntuk dan suasana hatinya kacau, cobalah mengonsumsi telur ayam kampung mentah. Makan telur mentah akan merangsang hormon tertentu, sehingga suasana hati dapat berubah menjadi lebih baik.

8. Mengatasi gejala gangguan paru-paru
Bagi Anda yang memiliki gangguan paru-paru, seperti emfisema, makan telur ayam kampung mentah dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Namun, agar lebih aman, konsultasikan lebih dulu pada dokter sebelum mencoba makan telur ayam kampung mentah.

9. Baik untuk kesehatan pria
Tidak heran jika banyak pria yang menambahkan ekstra telur ayam kampung mentah ke dalam segelas jamu pesanannya. Pasalnya, manfaat telur ayam kampung mentah dapat membantu meningkatkan kualitas sperma karena kandungan seleniumnya.
Mengutip dari berbagai sumber, satu butir telur ayam mentah ternyata bisa memenuhi 10% kebutuhan selenium harian, terutama pada pria.

10. Mencerahkan wajah
Kandungan putih telur bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati sehingga kulit wajah tampak lebih cerah. Kalau dibandingkan, putih telur ayam kampung lebih kental daripada telur ayam ras potong. Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih menggunakan telur ayam kampung sebagai masker wajah.
Jika Anda mengalami sakit perut, pusing, atau gangguan kesehatan lainnya setelah makan telur ayam kampung yang belum dimasak, segera konsutasikan ke dokter.

2 comments:
Write komentar

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa x-)
    - Telkomsel
    - GOPAY
    - Link AJA
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete