Wednesday 30 May 2018

Bagian-Bagian Akar Beserta Fungsinya

Secara umum Pengertian Akar adalah pondasi, penopang dan penyokong batang tumbuhan agar dapat berdiri dengan kokoh secara permanen. Dengan cara itu diharapkan tumbuhan mendapatkan kenyamanan dalam proses pertumbuhannya.
Secara biologi tumbuhan masih dapat diselamatkan jika kondisi akarnya masih sehat kendati daun dan rantingnya tengah diserang berbagai macam penyakit. Karena pusat kehidupan bukan berasal dari bagian bagian tumbuhan seperti batang , daun, buah atau bunganya melainkan akarnya. Maka untuk memusnahkan sebuah tanaman besarpun anda harus membabat habis dulu akarnya. Karena kesuksesan sebuah tumbuhan dalam menghasilkan buah yang berkualitas baik selalu terkait dengan kesehatan akarnya.

A. Bagian-Bagian Akar



1. Tudung akar
Tudung akar adalah akar yang hidup dibagian ujungnya yang bernama Kaliptra yang memiliki sel jaringan parenkim yang didalamnya mengandung  sari tepung. Fungsi Kaliptra adalah menjaga dan merawat sistem kinerja nya sekaligus bertugas melembabkan akar agar tidak mengalami gesekan dengan partikel tanah. Daerah pengembangan sel akar yang berbeda fungsi. Jenis sel akar yang dimaksud adalah akar tumbuhan monokotil dan dikotil sebagai pembelahan sel untuk proses pertumbuhan akar selanjutnya sebagai daerah menetapnya rambut rambut akar.



2. Inti akar
Inti akar adalah bagian akar yang berada pada pusat akar yaitu ditengah seputar bonggol akar. Inti akar terbagi menjadi dua bagian, terdiri dari:
a. Pembuluh tapis yang berfungsi membantu dan melancarkan proses fotosintesa
b. Pembuluh kayu yang berfungsi menyebarkan air dan nutrisi makanan menuju tulang daun

3. Rambut akar
Rambut akar mempunyai karakter unik yaitu berserabut tidak beraturan tetapi berstruktur halus yang melekat kuat pada kulit akar bagian luar yang berfungsi menyerap semua air dan garam mineral yang ada dikedalamam tanah.

4. Batang akar
Batang akar adalah batang yang terletak ditengah tengah diantara pangkal akar dan ujung akar yang berkembang dan tumbuh bercabang cabang  dalam skala bentuknya yang kecil kecil.

5. Ujung akar
Bagian akar yang termuda dan seperti tunas yang terus menerus mengalami pertumbuhan dan pergantian akar baru pada waktu yang sudah menjadi ketentuan sel akar.
B. Struktur Penyusun Akar


1. Epidermis
Epidermis adalah jaringan penting yang terletak pada lapisan terluar. Berfungsi sebagai benteng pertahanan jaringan organ penting tubuh. Jaringan epidermis tidak memiliki lapisan  lebih dari satu, maka dari itu jaringan epidermis tumbuhan terdapat kutikula.

2. Korteks
Koteks dikontrol dan disusun oleh bantuan sel parenkim yang memiliki dinding ari atau tipis. Selnya tidak berbentuk padat yang akhirnya memungkinkan air serta nutrisi makanan berjalan kearah korteks tanpa melewati jaringan sel tumbuhan.

3. Endodermis
Endodermis adalah lapisan sel yang menyusun batasan batasan gerak korteks dengan stele (perisikel). Dinding sel endodermis mempunyai beberapa lapisan suberin dan lignin yang mempunyai kecenderungan impermeael. Fungsi utamanya adalah membawa dan mengarahkan garam mineral kedalam stele.

4. Stele (selinder pembuluh)
Stele mempunyai pembuluh dan jaringan pelengkap. Pada bagian terluar Stele mempunyai beberapa sel perisikel yang mempunyai kemampuan membelah diri dan tumbuh membesar cepat untuk membentuk cabang akar lateral. Pada bagian dalamnya Stele mempunyai pembuluh jaringan xilem dan floem pada floem berbentuk mirip bintang laut karena adanya benjolan yang menonjol keluar yang radial dari wilayah pusat kearah perisekel, Sedangkan floem berada didalam benjolan xilem. Pada akar tumbuhan dikotil selalu ditemukan jenis susunan jaringan pembuluh tersebut.



C. Fungsi Akar Pada Tumbuhan
1. Sebagai pondasi berdirinya batang pohon
2. Tempat menyerap air dan segala nutrisi yang terkandung didalam tanah, misalnya garam mineral
3. Menyuplai jenis hormon pada tumbuhan dalam pertumbuhan batang dan ranting
4. Tempat menyimpan makanan bagi pertumbuhan tumbuhan
5. Untuk penyokong dan berguna untuk memperkuat serta memperkokoh berdirinya sebuah tumbuh-tumbuhan yang dimana ia hidup.
6. Untuk mengangkut air dan  membawa zat-zat yang sudah terserap ke bagian tubuh tumbuh-tumbuhan.
7. Pada sebuah tumbuhan bakau, akar mempunyai fungsi untuk sebagai alat respirasi.

D. Sifat-Sifat Dari Akar
1. Mengalami pertumbuhan dan perubahan ukuran secara bertahap dan konsisten.
2. Ruang gerak proses pertumbuhannya selalu berkaitan dengan gravitasi bumi .Kondisi akar selalu berwarna tanah dan bahkan lebih pucat, ini dikarenakan akar tidak mengalami proses fotosintesis.

Simak video berikut ini

Cara Menggabungkan Kata Yang Ada Dalam Dua Kolom Atau Lebih Pada Ms. Excel


2 comments:
Write komentar
  1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    uk .

    ReplyDelete