Saturday 6 July 2019

Definisi Limas, Unsur-unsur Limas dan Jenis-jenis Limas

1.     Definisi Limas
Limas adalah bangun ruang yang dibatasi oleh alas berbentuk segi-n dan bidang segitiga samakaki yang banyaknya n dan puncaknya berimpit. Limas memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
a. Memiliki n bidang yang beraturan + 1 bidang alas
b. Memiliki rusuk sebanyak 2n.
c. Memiliki n + 1 titik sudut.

2.     Jenis-jenis Limas
Sesuai dengan bentukalasnya, bangun ruang limas bisa dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya:

a. Pengertian limas segitiga
Jenis bangun ruang limas yang pertama ialah limas segitiga. Limas segitiga merupakan bangun ruang limas yang alasnya berbentuk segitiga (bisa segitiga sama sisi, sama kaki, siku siku ataupun segitiga sembarang). Supaya lebih jelas, simak gambar limas segitiga ABCD dibawah ini.


2. Pengertian limas segi empat
Selanjutnya ialah limas segiempat yang merupakan limas yang bangunan alasnya berbentuk segiempat (dar mulai persegi, trapesium, persegi panjang, layang layang, belah ketupat, jajar genjang atau lainnya). Untuk lebih jelasnya, amati gambar limas segiempat ABCDE dibawah ini:


3. Pengertian limas segi lima
Sama halnya dengan limas segitiga dan juga limas segiempat diatas, pada limas segilima juga mempunyai alas yang bentuknya berupa bangun segi lima. Bisa berupa segi lima teratur atau segi lima sembarang. Perhatikanlah gambar segilima ABCDE.F dibawah ini.



4. Pengertian limas segi enam
Selanjutnya ialah bangun ruang limas segi enam. Bangun ruang ini ialah bangu yang alasnya berbentuk segienam dari segi enam yang teratur ataupun segi enam sembarang. Untuk memperjelas pengertian limas segi enam, perhatikan gambar limas segi enam ABCDEF.G dibawah ini:



3. Unsur – Unsur Bangun Ruang Limas
Unsur-unsur yang dimiliki sebuah bangun ruang limas yaitu :
a. Titik sudut merupakan sebuah pertemuan 2 rusuk atau lebih.
b. Rusuk yaitu garis yg merupakan perpotongan antara 2 sisi – sisi limas.
c. Bidang sisi adalah sebuah bidang yg terdiri dari bidang alas dan bidang sisi tegak.
d. Bidang alas adalah sebuah bidang yang merupakan alas dari suatu limas.
e. Bidang sisi tegak adalah sebuah bidang yag memotong bidang alas.
f. Titik puncak adalah sebuah titik yang merupakan titik persekutuan antara selimut-selimut limas.
g. Tinggi limas adalah sebuah jarak antara bidanng alas dan titik puncak.

4. Jaring-Jaring Limas
a. Jaring Jaring Limas Segitiga
Bangun ruang limas segitiga adalah sebuah bangun ruang yang memiliki alas berbetuk segitiga. Untuk memperoleh jaring jaring limas segitiga ini, kita bisa mengiris sisi sisi bagian sampingnya dan selanjutnya merebahkannya sehingga akan kamu peroleh jaring – jaring limas segitiga.
Perhatikan contoh gambar dibawah berikut ini:



b. Jaring Jaring Limas Segiempat
Selanjutnya adalah bangun ruang limas segi empat yang merupakan sebuah bangun ruang limas yang mempunyai alas berbentuk segiempat.
Untuk mengetahui bagimana jaring – jaring limas segiempat, kita juga bisa mengiris sisi-sisi bagian sampingnya dan merebahkannya. Dengan begitu, akan diperoleh sebuah jaring – jaring limas segiempat sebagaimana berikuti!



Terdapat beberapa unsur – unsur pada limas segi empat, yaitu:
1). Sisi atau Bidang
Pada gambar diatas adalah sebuah gambar segi empat yang terlihat apabila setiap limas mempunyai sisi samping berbentuk segitiga. Limas segiempat E.ABCD, mempunyai sisi-sisi yang terbentuk diantaranya: sisi ABCD (untuk sisi alasnya), ABE (adalah sisi depannya), DCE (merupakan sisi belakangnya), BCE (adalah sisi samping kiri), & ADE (adalah sisi samping kanannya).

2). Rusuk
Apabila kita melihat gambar bangun ruang limas segiempat E.ABCD diatas, maka dapat disimpulkan apabila limas tersebut mempunyai 4 rusuk alas dengan 4 rusuk tegak. Bagian rusuk alasnya adalah AB, BC, CD, & DA. Sementara rusuk tegaknya adalah AE, BE, CE, & DE.

3). Titik Sudut
Selain itu, jumlah titik sudut bangun ruang limas juga sangat bergantung dengan bentuk alasnya. Masing masing limas memiliki titik puncak (yang merupakan titik yang berada di atas).
Uraian jumlah titik sudut setiap bangun limas adalah sebagai berikut:
a). Bangun ruang limas segitiga memiliki 4 titik sudut,
b). Bangun ruang limas segiempat memiliki 5 titik sudut,
c). Bangun ruang limas segilima memiliki 6 titik sudut
d). Sedangkan bangun ruang limas segienam memiliki 7 titik sudut.

4). Diagonal Bidang dan diagonal sisi limas Segi Empat
Pada bangun ruang limas sebenarnya memiliki diagonal bidang ataupun diagonal sisi dengan jumlah yang tergantung pada jenis limasnya.
Misalkan saja pada limas segi empat yang memiliki 2 diagonal bidang ataupun limas segi lima mempunyai 5 diagonal bidang.

5). Bidang diagonal
Untuk limas yang mempunyai bidang diagonal yang berbentuk dari diagonal sisi di bagian sisi alasnya ada dua rusuk samping. Bangun limas ini tidak mempunyai diagonal ruang.

c. Jaring Jaring Limas Segilima
Bangun ruang limas segilima ialah bangun limas yang alasnya berbentuk segilima. Jaring-jaring limas segilima juga bisa diperoleh dengan mengiris sisi-sisi bagian sampingnya selanjutnya rebahkanlah. Dengan begitu akan kamu peroleh jaring-jaring limas segilima dengan bentuk berikut ini!



d. Jaring-Jaring Limas Segienam
Bangun ruang limas segienam adalah bangun limas dengan alas berbentuk segi enam. Jaring-jaring limas segienam juga dapat diperoleh dengan mengiris sisi-sisi sampingnya lalu merebahkannya. Sehingga akan didapat sebuah jaring-jaring limas segienam sebagaimana gambar berikuti ini:

No comments:
Write komentar