Monday 30 March 2020

PENGERTIAN DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL

Menurut Moh. Nasir (Suharto, M.M, 2009) bahwa “Variabel adalah konsep yang mempunyai bermacam-macam nilai”. Sedangkan Suharto sendiri mengemukakan bahwa variabel adalah merupakan objek yang berbentuk apa saja yang ditentukan oleh peneliti dengan tujuan untuk memperoleh informasi agar bisa ditarik suatu kesimpulan.


Ada dua macam variabel ditinjau dari aspek hubungan antar variabel yang digunakan untuk penelitian, yaitu:
1. Variabel Independen
Variabel independen, dalam bahasa Indonesia disebut sebagai peubah bebas atau variabel bebas. Variabel bebas ini adalah merupakan peubah yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab terjadinya perubahan terhadap peubah tak bebas. Atau yang menyebabkan terjadinya variasi bagi  variabel tak bebas (variabel dependen).

2. Variabel Dependen
Variabel dependen, dalam bahasa Indonesia disebut sebagai peubah tak bebas atau variabel terikat. Variabel terikat ini merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas. Variabel ini merupakan variabel terikat yang besarannya tergantung dari besaran variabel independen (bebas). Besarnya perubahan yang disebabkan oleh variabel independen ini, akan memberi peluang terhadap perubahan variabel dependen (terikat) sebesar koefisien (besaran) perubahan dalam variabel independen. Artinya, setiap terjadi perubahan sekian kali satuan variabel independen, diharapkan akan menyebakan variabel dependen berubah sekian satuan juga. Sebaliknya jika terjadi perubahan (penurunan) variabel indepnden (bebas) sekian satuan, diharapkan akan menyebabkan perubahan (penurunan) variabel dependen sebesar sekian satuan juga.

Definisi operasional adalah semacam petunjuk kepada kita tentang bagimana caranya mengukur suatu variabel. Definisi operasional merupakan informasi ilmiah yang sangat membantu peneliti lain yang ingin melakukan penelitian dengan menggunakan variabel yang sama. Karena berdasarkan informasi itu, ia akan mengetahui bagaimana caranya melakukan pengukuran terhadap variabel yang dibangun berdasarkan konsep yang sama.

Menurut Imam Chourmain (2008: 36), definisi Operasional Variabel adalah penarikan batasan yang lebih menjelaskan ciri-ciri spesifik yang lebih substantive dari suatu konsep. Tujuannya: agar peneliti dapat mencapai suatu alat ukur yang sesuai dengan hakikat variabel yang sudah didefinisikan konsepnya.

Penyusunan definisi operasional variabel  perlu dilakukan karena dengan teramatinya konsep atau konstruk yang diselidiki akan memudahkan pengukurannya. Disamping itu, penyusunan definisi operasional memungkinkan orang lain melakukan hal yang serupa sehingga apa yang dilakukan oleh peneliti terbuka untuk diuji kembali oleh orang lain.

Jadi berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa definisi operasional variabel adalah suatu penegasan, batasan atau penjelasan istilah yang spesifik oleh peneliti tentang suatu konsep atau variabel yang diteliti. Tujuannya yaitu untuk menyamakan pemahaman konsep antara peneliti dan orang lain yang mungkin akan melakukan penelitian yang sama.

No comments:
Write komentar