Tuesday 3 September 2019

Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project


A. Pengertian Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project
Model pembelajaran MMP merupakan salah satu model pembelajaran efektif pada pembelajaran yang berorientasi pada Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yang kegiatan awalnya membangkitkan motivasi peserta didik untuk mau belajar utamanya pelajaran matematika. MMP merupakan salah satu model pembelajaran yang terstruktur.

B. Langkah-Langkah Pelaksanaan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project
Langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran MMP adalah sebagai berikut:

Langkah I : pendahuluan atau Review
Kegiatan yang dilakukan pada langkah ini adalah meninjau ulang pelajaran yang lalu terutama yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pembelajaran tersebut, membahas soal pada PR yang dianggap sulit oleh peserta didik serta membangkitkan motivasi peserta didik.

Langkah II : Pengembangan
Pendidik menyediakan ide baru dan perluasan konsep matematika terdahulu. Peserta didik  diberi tahu tujuan pembelajaran yang memiliki antisipasi tentang sasaran pembelajaran. Penjelasan dan diskusi intraktif antara pendidik dan peserta didik harus disajikan termasuk demonstrasi kongkrit yang sifatnya simbolik. Pengembangan akan lebih bijaksana bila dikombinasikan dengan contoh latihan untuk meyakinkan bahwa peserta didik mengikuti penyajian materi baru itu yang akan dipelajari.

Langkah III : Latihan Terkontrol
Peserta didik diminta merespon satu rangkaian soal sambil pendidik mengamati. Pada latihan terkontrol ini respon setiap peserta didik sangat menguntungkan bagi pendidik  dan peserta didik. Pendidik harus memasukkan rincian khusus tanggung jawab kelompok dan gagasan individual berdasarkan pencapaian materi yang dipelajari.
Langkah IV : Seat work/ kerja mandiri
Peserta didik bekerja dan mengambil inisiatif sendiri untuk mengerjakan latihan atau soal-soal yang diberikan tanpa bantuan dari orang lain.
Langkah V : Penutup
Pendidik mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman dan pemberian tugas pekerjaan rumah (PR).
Pada model pembelajaran MMP, disetiap tahapnya terjadi interaksi pendidik dan peserta didik. Berikut ini akan dijelaskan lebih detail dalam tabel tahap-tahap MMP sebagai berikut:
Tabel 2.1 Tahap-tahap Model Pembelajaran MMP
No.
Tahap
Aktivitas Pendidik
Aktivas Peserta Didik
1.
Review/ Pendahuluan
a.  Pendidik menyampaikan apersepsi

b.  Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran

c.   Pendidik meberikan motivasi
a.  Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik
b.  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru
c.   Peserta didik menyimak penjelasan Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik
2.
Pengembangan
a.  Pendidik menjelaskan materi pembelajaran


b.  Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan kembali materi yang tidak dimengerti
c.   Pendidik menjelaskan kembali materi yang tidak dimengerti oleh peserta didik
a.  Pesarta didik menyimak menyampaikan pendidik
b.  Peserta didik bertanya kepada pendidik tentang materi yang tidak dimengerti

c.   Peserta didik menyimak langka-langkah penyelesaian dari materi yang ditanyakan
3.
Latihan terkontrol
a.  Pendidik membentuk peserta didik dalam kelompok belajar

b.  Pendidik memberikan latihan kepada setiap kelompok untuk didiskusikan
c.   Pendidik membimbing setiap kelompok yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan latihan yang diberikan
a.  Mengatur tempat duduk dan mengelompokkan diri sesuai dengan kelompok
b.  Peserta didik mengerjakan dan menyelesaikan latihan secara berkelompok
c.   Peserta didik menerima bantuan dari pendidik
4.
Seat work/ Kerja mandiri
Pendidik memberikan latihan soal kepada masing-masing peserta didik untuk dikerjakan secara individual
Peserta didik mengerjakan sendiri latihan soal yang diberikan tanpa bantuan dari teman maupun pendidik
5.
Penutup
Pendidik dan peserta didik membuat rangkuman materi yang telah dibahas
Pendidik memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik
Peserta didik dan pendidik membuat rangkuman materi yang telah dibahas
Peserta didik mencatat tugas yang harus diselesaikan di rumah

C. Kelebihan Dan Kelemahan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project
Menurut Syahida (2012: 5) beberapa kelebihan dan kelemahan dari model pembelajaran MMP sebagai berikut:
1. Kelebihan                                                            
a. Banyak materi yang biasa disampaikan kepada siswa karena tidak terlalu banyak waktu. Artinya, penggunaan waktu dapat diatur relative ketat.
b. Banyak memberikan latihan sehingga siswa mudah terampil dengan beragam soal.

2. Kekurangan
a. Mungkin siswa cepat bosan karena lebih banyak mendengar.
b. Kurang menempatkan siswa pada posisi yang aktif.

Meskipun model pembelajaran MMP memiliki kekurangan, namun kekurangan tersebut dapat diatasi dengan cara sebagai berikut:
1. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang ia anggap sulit atau tidak dipahami.
2. Memperbanyak latihan sehingga siswa mudah terampil mengerjakan beragam soal.
3. Memberikan bimbingan kepada siswa yang masih mengalami kesulitan.

No comments:
Write komentar