Thursday 27 February 2020

PENGERTIAN NILAI MORAL DAN CONTOHNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

A. Moral
Moral adalah adat atau kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang kepada lingkungannya. Arti ini diambil dari etimologis moral itu sendiri, yang berasal dari kata “mos”. Sedangkan secara umum moral adalah etika-etika kehidupan yang dijalankan untuk menjaga keteraturan sosial dalam masyarakat. Baca juga; “Keteraturan Sosial” Pengertian dan Bentuknya

B. Pengertian Nilai Moral
Pengertian nilai moral adalah bentuk gambaran objektif atas sisi kebenaran yang dijalanakn oleh seseorang di dalam lingkungan bermasyarakat. Definisi ini sejalan dari berbagai bahasa terhadap penjelasan suku kata moral, seperti dalam Bahasa Yunani “Etika”, Bahasa Arab “Akhlak”, dan Bahasa Indonesia “Kesuliaan”.

Baca Juga : Pengertian Nilai Moral dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari

C. Jenis-Jenis Nilai Moral
Dilihat dari macamnya, nilai moral secara umum terbagi dalam berbagai karakteristik atau ciri nilai tersebut. Antara lain;

1. Nilai Moral Baik
Nilai moral baik adalah nilai yang dikaitkan dengan kesesuaian antara harapan dan tujuan hidup manusia dalam menjalankannya bisa ditinjaun dari kaidah sosial masyarakat. Sangat nyata, mana yang salah dan yang baik. Contohnya saja dengan monolong semasama yang membutuhkan satu sama lainnya.

2. Nilai Moral Buruk
Jenis nilai moral selanjutnya adalah tentang keburukan, yang artinya lawan kata dengan istilah kebaikan. Nilai ini dianggap menyimpang terhadap keteratan sosial, selain itu dampak yang ditimbulkan akan menciptakan masalah-masalah sosial yang akan terjadi. Misalnya saja nilai ini seperti mencuri, korupsi, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Hakikat dan Unsur-Unsur Identitas Nasional

D. Contoh Nilai Moral
Contoh nilai moral yang berhubungan dengan masyarakat, dan lingkungan. Antara lain;

1. Berbicara Pelan di Hadapan Orang Tua
Tindakan inilah sebagai rujuakan penjelas mengenai rasa penghormatan yang selalu di munculkan oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang memiliki kebudayaan bangsa timur, seperti Indonesia. Kemunculan berbicara di depan sebagai ilustrasi nyata prilaku moral yang baik.

2. Menunduk Ketika Berjalan
Contoh lainnya mengenai nilai moral ini seperti tindakan menunduk sesaat setelah melwati orang-rang disekeliling. Berajalan yang menunduk sudah diajarkan oleh nenek moyang dan juga sebagai harapan mendapatkan rasa penghormatan kepada orang yang lebih tua.

3. Membuang Sampah
Kasus yang dapat di contohkan dalam penjelasan nilai moral ini seperti membuang sampah. Tindakan yang baik (moral baik) membuang sampah pada tempatnya) sedangkan yang buruk membuang sampah di sembarang tempat dengan merusak lingkungan sekitar.

4. Tidak Membuat Keributan
Fenomena sosial dalam kehidupan masyarakat seringkali dikaitakan dengan ribut saat jam belajar. Anak yang melakukan keributan tersebut secara langsung bertindakan dengan moral yang buruk (tidak baik) sehingga tidak pantas sama sekali untuk di contoh.

5. Korupsi
Masalah sosial di Indonesia saat ini yang sedang marak terjadi adalah kasus korupsi. Tindakan seperti ini banyak merugikan masyarakat, bahkan secara nyata akan membuat masyarakat hidup dalam kemikisnan, oleh karenannya dalam upaya menciptakan kesetabilan negara korupsi haruslah diperangi oleh masyarakat, mahasiswa, ataupun oleh pelajar itu sendiri.

No comments:
Write komentar