Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project
A. Pengertian Model
Pembelajaran Missouri Mathematics Project
Model pembelajaran MMP merupakan salah satu model
pembelajaran efektif pada pembelajaran yang berorientasi pada Pembelajaran
Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yang kegiatan awalnya
membangkitkan motivasi peserta didik untuk
mau belajar utamanya pelajaran matematika. MMP merupakan salah satu model pembelajaran yang terstruktur.
B. Langkah-Langkah Pelaksanaan Model Pembelajaran
Missouri Mathematics Project
Langkah-langkah
pelaksanaan model pembelajaran MMP adalah sebagai berikut:
Langkah I : pendahuluan atau Review
Kegiatan yang dilakukan pada langkah ini adalah
meninjau ulang pelajaran yang lalu terutama yang berkaitan dengan materi yang
akan dipelajari pada pembelajaran tersebut, membahas soal pada PR yang dianggap
sulit oleh peserta didik serta membangkitkan motivasi peserta didik.
Langkah II : Pengembangan
Pendidik
menyediakan ide baru dan perluasan konsep matematika terdahulu. Peserta
didik diberi tahu tujuan pembelajaran
yang memiliki antisipasi tentang sasaran pembelajaran. Penjelasan dan diskusi
intraktif antara pendidik dan peserta didik harus disajikan termasuk
demonstrasi kongkrit yang sifatnya simbolik. Pengembangan akan lebih bijaksana
bila dikombinasikan dengan contoh latihan untuk meyakinkan bahwa peserta didik
mengikuti penyajian materi baru itu yang akan dipelajari.
Langkah III : Latihan Terkontrol
Peserta
didik diminta merespon satu rangkaian soal sambil pendidik mengamati. Pada
latihan terkontrol ini respon setiap peserta didik sangat menguntungkan bagi
pendidik dan peserta didik. Pendidik harus memasukkan rincian khusus
tanggung jawab kelompok dan gagasan individual berdasarkan pencapaian materi
yang dipelajari.
Langkah IV : Seat work/ kerja mandiri
Peserta
didik bekerja dan mengambil inisiatif sendiri untuk mengerjakan latihan atau
soal-soal yang diberikan tanpa bantuan dari orang lain.
Langkah V : Penutup
Pendidik
mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman dan pemberian tugas pekerjaan
rumah (PR).
Pada model pembelajaran MMP,
disetiap tahapnya terjadi interaksi pendidik dan peserta didik. Berikut ini
akan dijelaskan lebih detail dalam tabel tahap-tahap MMP sebagai berikut:
Tabel 2.1 Tahap-tahap Model Pembelajaran MMP
No.
|
Tahap
|
Aktivitas
Pendidik
|
Aktivas
Peserta Didik
|
1.
|
Review/ Pendahuluan
|
a.
Pendidik menyampaikan apersepsi
b.
Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran
c.
Pendidik meberikan motivasi
|
a.
Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik
b.
Peserta didik mendengarkan penjelasan guru
c.
Peserta didik menyimak penjelasan Peserta didik
mendengarkan penjelasan pendidik
|
2.
|
Pengembangan
|
a.
Pendidik menjelaskan materi pembelajaran
b.
Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk
menanyakan kembali materi yang tidak dimengerti
c.
Pendidik menjelaskan kembali materi yang tidak dimengerti
oleh peserta didik
|
a.
Pesarta didik menyimak menyampaikan pendidik
b.
Peserta didik bertanya kepada pendidik tentang materi
yang tidak dimengerti
c.
Peserta didik menyimak langka-langkah penyelesaian dari
materi yang ditanyakan
|
3.
|
Latihan
terkontrol
|
a.
Pendidik membentuk peserta didik dalam kelompok belajar
b.
Pendidik memberikan latihan kepada setiap kelompok untuk
didiskusikan
c.
Pendidik membimbing setiap kelompok yang mengalami
kesulitan dalam mengerjakan latihan yang diberikan
|
a.
Mengatur tempat duduk dan mengelompokkan diri sesuai
dengan kelompok
b.
Peserta didik mengerjakan dan menyelesaikan latihan
secara berkelompok
c.
Peserta didik menerima bantuan dari pendidik
|
4.
|
Seat work/ Kerja mandiri
|
Pendidik
memberikan latihan soal kepada masing-masing peserta didik untuk dikerjakan
secara individual
|
Peserta
didik mengerjakan sendiri latihan soal yang diberikan tanpa bantuan dari
teman maupun pendidik
|
5.
|
Penutup
|
Pendidik
dan peserta didik membuat rangkuman materi yang telah dibahas
Pendidik
memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik
|
Peserta
didik dan pendidik membuat rangkuman materi yang telah dibahas
Peserta
didik mencatat tugas yang harus diselesaikan di rumah
|
C. Kelebihan Dan Kelemahan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project
Menurut Syahida (2012: 5) beberapa kelebihan dan kelemahan dari model
pembelajaran MMP sebagai
berikut:
1. Kelebihan
a. Banyak materi yang biasa disampaikan
kepada siswa karena tidak terlalu banyak waktu. Artinya, penggunaan waktu dapat
diatur relative ketat.
b. Banyak memberikan latihan sehingga
siswa mudah terampil dengan beragam soal.
2. Kekurangan
a. Mungkin siswa cepat bosan karena
lebih banyak mendengar.
b. Kurang menempatkan siswa pada posisi
yang aktif.
Meskipun model pembelajaran MMP memiliki kekurangan, namun kekurangan tersebut dapat diatasi
dengan cara sebagai berikut:
1. Memberikan kesempatan kepada siswa
untuk menanyakan hal-hal yang ia anggap sulit atau tidak dipahami.
2. Memperbanyak latihan sehingga siswa
mudah terampil mengerjakan beragam soal.
3. Memberikan bimbingan kepada siswa
yang masih mengalami kesulitan.