Tuesday 3 September 2019

Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project


A. Pengertian Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project
Model pembelajaran MMP merupakan salah satu model pembelajaran efektif pada pembelajaran yang berorientasi pada Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yang kegiatan awalnya membangkitkan motivasi peserta didik untuk mau belajar utamanya pelajaran matematika. MMP merupakan salah satu model pembelajaran yang terstruktur.

B. Langkah-Langkah Pelaksanaan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project
Langkah-langkah pelaksanaan model pembelajaran MMP adalah sebagai berikut:

Langkah I : pendahuluan atau Review
Kegiatan yang dilakukan pada langkah ini adalah meninjau ulang pelajaran yang lalu terutama yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari pada pembelajaran tersebut, membahas soal pada PR yang dianggap sulit oleh peserta didik serta membangkitkan motivasi peserta didik.

Langkah II : Pengembangan
Pendidik menyediakan ide baru dan perluasan konsep matematika terdahulu. Peserta didik  diberi tahu tujuan pembelajaran yang memiliki antisipasi tentang sasaran pembelajaran. Penjelasan dan diskusi intraktif antara pendidik dan peserta didik harus disajikan termasuk demonstrasi kongkrit yang sifatnya simbolik. Pengembangan akan lebih bijaksana bila dikombinasikan dengan contoh latihan untuk meyakinkan bahwa peserta didik mengikuti penyajian materi baru itu yang akan dipelajari.

Langkah III : Latihan Terkontrol
Peserta didik diminta merespon satu rangkaian soal sambil pendidik mengamati. Pada latihan terkontrol ini respon setiap peserta didik sangat menguntungkan bagi pendidik  dan peserta didik. Pendidik harus memasukkan rincian khusus tanggung jawab kelompok dan gagasan individual berdasarkan pencapaian materi yang dipelajari.
Langkah IV : Seat work/ kerja mandiri
Peserta didik bekerja dan mengambil inisiatif sendiri untuk mengerjakan latihan atau soal-soal yang diberikan tanpa bantuan dari orang lain.
Langkah V : Penutup
Pendidik mengarahkan peserta didik untuk membuat rangkuman dan pemberian tugas pekerjaan rumah (PR).
Pada model pembelajaran MMP, disetiap tahapnya terjadi interaksi pendidik dan peserta didik. Berikut ini akan dijelaskan lebih detail dalam tabel tahap-tahap MMP sebagai berikut:
Tabel 2.1 Tahap-tahap Model Pembelajaran MMP
No.
Tahap
Aktivitas Pendidik
Aktivas Peserta Didik
1.
Review/ Pendahuluan
a.  Pendidik menyampaikan apersepsi

b.  Pendidik menyampaikan tujuan pembelajaran

c.   Pendidik meberikan motivasi
a.  Peserta didik memperhatikan penjelasan pendidik
b.  Peserta didik mendengarkan penjelasan guru
c.   Peserta didik menyimak penjelasan Peserta didik mendengarkan penjelasan pendidik
2.
Pengembangan
a.  Pendidik menjelaskan materi pembelajaran


b.  Pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menanyakan kembali materi yang tidak dimengerti
c.   Pendidik menjelaskan kembali materi yang tidak dimengerti oleh peserta didik
a.  Pesarta didik menyimak menyampaikan pendidik
b.  Peserta didik bertanya kepada pendidik tentang materi yang tidak dimengerti

c.   Peserta didik menyimak langka-langkah penyelesaian dari materi yang ditanyakan
3.
Latihan terkontrol
a.  Pendidik membentuk peserta didik dalam kelompok belajar

b.  Pendidik memberikan latihan kepada setiap kelompok untuk didiskusikan
c.   Pendidik membimbing setiap kelompok yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan latihan yang diberikan
a.  Mengatur tempat duduk dan mengelompokkan diri sesuai dengan kelompok
b.  Peserta didik mengerjakan dan menyelesaikan latihan secara berkelompok
c.   Peserta didik menerima bantuan dari pendidik
4.
Seat work/ Kerja mandiri
Pendidik memberikan latihan soal kepada masing-masing peserta didik untuk dikerjakan secara individual
Peserta didik mengerjakan sendiri latihan soal yang diberikan tanpa bantuan dari teman maupun pendidik
5.
Penutup
Pendidik dan peserta didik membuat rangkuman materi yang telah dibahas
Pendidik memberikan pekerjaan rumah kepada peserta didik
Peserta didik dan pendidik membuat rangkuman materi yang telah dibahas
Peserta didik mencatat tugas yang harus diselesaikan di rumah

C. Kelebihan Dan Kelemahan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project
Menurut Syahida (2012: 5) beberapa kelebihan dan kelemahan dari model pembelajaran MMP sebagai berikut:
1. Kelebihan                                                            
a. Banyak materi yang biasa disampaikan kepada siswa karena tidak terlalu banyak waktu. Artinya, penggunaan waktu dapat diatur relative ketat.
b. Banyak memberikan latihan sehingga siswa mudah terampil dengan beragam soal.

2. Kekurangan
a. Mungkin siswa cepat bosan karena lebih banyak mendengar.
b. Kurang menempatkan siswa pada posisi yang aktif.

Meskipun model pembelajaran MMP memiliki kekurangan, namun kekurangan tersebut dapat diatasi dengan cara sebagai berikut:
1. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang ia anggap sulit atau tidak dipahami.
2. Memperbanyak latihan sehingga siswa mudah terampil mengerjakan beragam soal.
3. Memberikan bimbingan kepada siswa yang masih mengalami kesulitan.

Sunday 1 September 2019

Ciri-Ciri Filsafat


Bila dilihat dari aktivitasnya filsafat merupakan suatu cara berfikir yang mempunyai karakteristik tertentu. Menurut  Sutan Takdir Alisjahbana syarat-syarat berfikir yang disebut berfilsafat yaitu : a) Berfikir dengan teliti, dan  b) Berfikir menurut aturan yang pasti. Dua ciri tersebut menandakan berfikir yang insaf, dan berfikir yang demikianlah yang disebut berfilsafat. Sementara itu Sidi Gazalba (1976) menyatakan bahwa ciri ber-Filsafat atau berfikir Filsafat adalah: radikal, sistematik, dan universal. Radikal bermakna berfikir sampai ke akar-akarnya (Radix artinya akar), tidak tanggung-tanggung sampai dengan berbagai konsekwensinya dengan tidak terbelenggu oleh berbagai pemikiran yang sudah diterima umum, Sistematik artinya berfikir secara teratur dan logis dengan urutan-urutan yang rasional dan dapat dipertanggungjawabkan, Universal artinya berfikir secara menyeluruh tidak pada bagian-bagian khusus yang sifatnya terbatas.
Sementara itu Sudarto (1996) menyatakan bahwa  ciri-ciri berfikir Filsafat adalah :
a. Metodis : menggunakan metode, cara, yang lazim digunakan oleh filsuf (akhli filsafat) dalam proses berfikir
b. Sistematis : berfikir dalam suatu keterkaitan antar unsur-unsur dalam suatu keseluruhan sehingga tersusun suatu pola pemikiran Filsufis.
c. Koheren : diantara unsur-unsur yang dipikirkan tidak terjadi sesuatu yang bertentangan dan tersusun secara logis
d. Rasional : mendasarkan pada kaidah berfikir yang benar dan logis (sesuai dengan kaidah logika)
e. Komprehensif : berfikir tentang sesuatu dari berbagai sudut (multidimensi).
f. Radikal : berfikir secara mendalam sampai ke akar-akarnya atau sampai pada tingkatan esensi yang sedalam-dalamnya
g. Universal : muatan kebenarannya bersifat universal, mengarah pada realitas kehidupan manusia secara keseluruhan
Dengan demikian berfilsafat atau berfikir filsafat bukanlah sembarang berfikir tapi berfikir dengan mengacu pada kaidah-kaidah tertentu secara disiplin dan mendalam. Pada dasarnya manusia adalah homo sapien, hal ini tidak serta merta semua manusia menjadi Filsuf, sebab berfikir filsafat memerlukan latihan dan pembiasaan yang terus menerus dalam kegiatan berfikir sehingga setiap masalah/substansi mendapat pencermatan yang mendalam untuk mencapai kebenaran jawaban dengan cara yang benar sebagai manifestasi kecintaan pada kebenaran.

Friday 30 August 2019

Perjanjian Linggarjati: Tokoh, Latar Belakang dan Dampaknya Bagi Indonesia

Perjanjian Linggarjati adalah perjanjian bersejarah antara pihak Indonesia dan Belanda dengan pihak Inggris sebagai mediator yang dilaksanakan pada tanggal 11-13 November 1946 di Linggarjati, Cirebon. Penandatanganan perjanjian baru disahkan secara resmi pada tanggal 25 Maret 1947. Isi perjanjian ini meliputi Belanda mengakui wilayah Indonesia secara de facto serta pembentukan negara Republik Indonesia Serikat (RIS).


A. Latar Belakang Perjanjian Linggarjati
Diadakannya perundingan Linggarjati dilatarbleknagi oleh masuknya AFNEI yang diboncengi NICA ke Indonesia. Hal ini karena Jepang menetapkan ‘status quo’ di Indonesia menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda seperti peristiwa 10 November di Surabaya.

Pemerintah Inggris selaku penanggung jawab berupaya menyelesaikan konflik politik dan militer di Asia. Pada akhirnya diplomat Inggris bernama Sir Archibald Clark Kerr mengundang Indonesia dan Belanda untuk melakukan perundingan di Hooge Veluwe.

Para pemimpin negara menyadari bahwa untuk menyelesaikan konflik dengan peperangan hanya akan menimbulkan korban dari kedua belah pihak.

Namun perundingan yang direncanakan tersebut gagal karena Indonesia meminta Belanda mengakui kedaulatannya atas pulau Jawa, pulau Sumatera dan pulau Madura, sedangkan Belanda hanya mau mengakui Indonesia atas Jawa dan Madura saja.

Pada akhir Agutus 1946, pemerintah Inggris mengirimkan Lord Killearn ke Indonesia dalam menyelesaikan perundingan antara Indonesia dengan Belanda. Pada tanggal 7 Oktober 1946 bertempat di Konsulat Jenderal Inggris di Jakarta, dibukalah perundingan antara Indonesia dan Belanda yang dipimpin oleh Lord Killearn.

Dalam perundingan awal ini akhirnya menghasilkan persetujuan untuk gencatan senjata pada 14 Oktober dan rencana untuk mengadakan perundingan lebih lanjut, yakni Perundingan Linggarjati yang akan dilaksanakan mulai tanggal 11 November 1946.

B. Waktu dan Tempat Perjanjian Linggarjati
Perjanjian bersejarah antara Indonesia dan Belanda ini akhirnya terlaksana. Perjanjian Linggarjati dilaksanakan mulai tanggal 11 November 1946 sampai 13 November 1946. Tempat pelaksanaan perundingan ini bertempat di Linggarjati, Cirebon.

Meski dilaksanakan pada 11-13 November 1946, namun penandatanganan perjanjian Linggarjati baru dilakukan pada tanggal 25 Maret 1947. Di waktu senggang, para delegasi melakukan perbaikan terhadap isi-isi perjanjian agar kedua belah pihak bisa menemui titik temu untuk menyetujui perjanjian ini.

C. Tokoh Perjanjian Linggarjati
Ada beberapa tokoh penting yang terlibat dalam perjanjian Linggarjati, baik dari pihak Indonesia, Belanda atau dari pihak Inggris selaku mediator atau penengah. Berikut nama-nama tokoh dalam perjanjian Linggarjati.

Pemerintah Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir (ketua), A. K. Gani, Susanto Tirtoprojo, Mohammad Roem
Pemerintah Belanda diwakili oleh Wim Schermerhorn (ketua), H. J. van Mook, Max van Pool, F. de Boer
Pemerintah Inggris selaku mediator/penengah diwakili oleh Lord Killearn

D. Isi Perjanjian Linggarjati
Penandatanganan perjanjian Linggarjati dilakukan pada 25 Maret 1947 antara kedua belah pihak. Hasil perundingan Linggarjati menghasilkan beberapa poin dan pasal sebagai berikut.
1.   Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera dan Madura.
2.   Belanda harus meninggalkan wilayah Republik Indonesia paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
3.   Pihak Belanda dan Indonesia sepakat membentuk negara Republik Indonesia Serikat (RIS) yang terdiri dari wilayah Indonesia, Kalimantan dan Timur Besar sebelum tanggal 1 Januari 1949.
4.   Dalam bentuk Republik Indonesia Serikat, pemerintah Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth atau Persemakmuran Indonesia-Belanda dengan Ratu Belanda sebagai kepalanya.

E. Dampak Perjanjian Linggarjati
Terdapat beberapa dampak yang ditimbulkan akibat kesepakatan dalam perundingan Linggarjati tersebut. Dampak positif perjanjian Linggarjati bagi Indonesia adalah pemerintah Indonesia mendapat pengakuan secara de facto dari pihak Belanda.

Namun ada juga dampak negatifnya yaitu wilayah Indonesia menjadi semakin sempit karena yang diakui hanya wilayah Jawa, Madura dan Sumatera saja.

Sebelumnya juga terjadi pro-kontra terkait perundingan ini. Beberapa partai nasional mengkritik pemerintah karena mau menandatangani perundingan ini dan menuding bahwa pemerintahan Indonesia lemah untuk mempertahankan kedaulatan negara Indonesia.

Namun pemerintah memberi alasan kenapa mau menyetujui isi perjanjian Linggarjati tersebut yaitu memilih cara damai untuk menyelesaikan konflik untuk menghindari jatuhnya korban dan menarik simpati dunia internasional. Perdamaian dengan gencatan sejata juga dapat memberi peluang bagi pasukan militer Indonesia untuk melakukan berbagai hal diantaranya dalah konsolidasi.

F. Pelanggaran Perjanjian Linggarjati
Meski sudah disepakati namun kemudian terjadi pelanggaran terhadap perjanjian ini oleh pihak Belanda. Pada tanggal 20 Juli 1947, Gubernur Jenderal H. J. van Mook akhirnya menyatakan bahwa Belanda tidak terikat lagi dengan perjanjian ini. Pada tanggal 21 Juli 1947, terjadi Agresi Militer Belanda I yaitu serangan dari tentara Belanda ke wilayah Indonesia.

Akibatnya konflik Indonesia-Belanda kembali memanas. Pada akhirnya konflik ini kemudian kembali diselesaikan lewat jalur perundingan yaitu Perjanjian Renville. Meski begitu banyak hasil perjanjian Renville yang merugikan pihak Indonesia.

Thursday 29 August 2019

Pengertian Filsafat

Secara etimologis filsafat berasal dari bahasa Yunani dari kata “philo” berarti cinta dan” sophia” yang berarti kebenaran, sementara itu menurut I.R. Pudjawijatna (1963:1) “Filo artinya cinta dalam arti yang seluas-luasnya, yaitu ingin dan karena ingin lalu berusaha mencapai yang diinginkannya itu .Sofia artinya kebijaksanaan, bijaksana artinya pandai, mengerti dengan mendalam, jadi menurut namanya saja  Filsafat boleh dimaknakan ingin mengerti dengan mendalam  atau cinta dengan kebijaksanaan.


Kecintaan pada kebijaksanaan haruslah dipandang sebagai suatu bentuk proses, artinya segala upaya pemikiran untuk selalu mencari hal-hal yang bijaksana, bijaksana di dalamnya mengandung dua makna yaitu baik dan benar, baik adalah sesuatu yang berdimensi etika, sedangkan benar adalah sesuatu yang berdimensi rasional, jadi sesuatu yang bijaksana adalah sesuatu yang etis dan logis. Dengan demikian berfilsafat berarti selalu berusaha untuk berfikir guna mencapai kebaikan dan kebenaran, berfikir dalam filsafat bukan sembarang berfikir namun berpikir secara radikal sampai ke akar-akarnya, oleh karena itu meskipun berfilsafat mengandung kegiatan berfikir, tapi tidak setiap kegiatan berfikir berarti filsafat atau berfilsafat. Sutan Takdir Alisjahbana (1981) menyatakan bahwa pekerjaan berfilsafat itu ialah berfikir, dan hanya manusia yang telah tiba di tingkat berfikir, yang berfilsafat. Guna lebih memahami mengenai makna filsafat berikut ini akan dikemukakan definisi filsafat yang dikemukakan oleh para ahli :
1. Plato salah seorang murid Socrates yang hidup antara 427 – 347 Sebelum Masehi mengartikan filsafat  sebagai pengetahuan tentang segala yang ada, serta pengetahuan yang berminat mencapai kebenaran yang asli.
2. Aristoteles (382 – 322 S.M) murid Plato, mendefinisikan filsafat sebagai ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang terkandung di dalamnya ilmu-ilmu metafisika, logika, retorika, etika, ekonomi, politik dan estetika. Dia juga berpendapat bahwa filsafat itu menyelidiki sebab dan asas segala benda.
3. Cicero (106 – 43 S.M). filsafat adalah pengetahuan tentang sesuatu yang maha agung dan usaha-usaha mencapai hal tersebut.
4. Al Farabi (870 – 950 M). seorang Filsuf Muslim mendefinidikan Filsafat sebagai ilmu pengetahuan tentang alam maujud, bagaimana hakikatnya yang sebenarnya.
5. Immanuel Kant (1724 – 1804). Mendefinisikan Filsafat sebagai ilmu pokok dan pangkal segala pengetahuan yang mencakup di dalamnya empat persoalan yaitu:
a. Metafisika (apa yang dapat kita ketahui).
b. Etika (apa yang boleh kita kerjakan).
c. Agama ( sampai dimanakah pengharapan kita)
d. Antropologi (apakah yang dinamakan manusia).
6. H.C Webb dalam bukunya History of Philosophy menyatakan bahwa filsafat mengandung pengertian penyelidikan. Tidak hanya penyelidikan hal-hal yang khusus dan tertentu saja, bahkan lebih-lebih mengenai sifat – hakekat baik dari dunia kita, maupun dari cara hidup yang seharusnya kita selenggarakan di dunia ini.
7. Harold H. Titus dalam bukunya Living Issues in Philosophy mengemukakan beberapa pengertian filsafat yaitu :
a. Philosophy is an attitude toward life and universe (Filsafat adalah sikap terhadap kehidupan dan alam semesta).
b. Philosophy is a method of reflective thinking and reasoned inquiry (Filsafat adalah suatu metode berfikir reflektif dan pengkajian secara rasional)
c. Philosophy is a group of problems (Filsafat adalah sekelompok masalah)
d. Philosophy is a group of systems of thought (Filsafat adalah serangkaian sistem berfikir)

Dari beberapa pengertian di atas nampak bahwa ada akhli yang menekankan pada subtansi dari apa yang difikirkan dalam berfilsafat seperti pendapat Plato dan pendapat Al Farabi, Aristoteles lebih menekankan pada cakupan apa yang difikirkan dalam filsafat demikian juga Kant setelah menyebutkan sifat filsafatnya itu sendiri sebagai ilmu pokok, sementara itu Cicero disamping menekankan pada substansi juga pada upaya-upaya pencapaiannya. Demikian juga H.C. Webb melihat filsafat sebagai upaya penyelidikan tentang substansi yang baik sebagai suatu keharusan dalam hidup di dunia. Definisi yang nampaknya lebih menyeluruh adalah yang dikemukakan oleh Titus, yang menekankan pada dimensi-dimensi filsafat dari mulai sikap, metode berfikir, substansi masalah, serta sistem berfikir.
Meskipun demikian, bila diperhatikan secara seksama, nampak pengertian-pengertian tersebut lebih bersifat saling melengkapi, sehingga dapat dikatakan bahwa berfilsafat berarti penyeledikan tentang Apanya, Bagaimananya, dan untuk apanya, dalam konteks ciri-ciri berfikir filsafat, yang bila dikaitkan dengan terminologi filsafat tercakup dalam ontologi (apanya), epistemologi (bagaimananya), dan axiologi (untuk apanya).

Thursday 1 August 2019

TUGAS 2 (SITEM KOORDINASI PADA MANUSIA)


A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Setiap makhluk hidup akan bereproduksi untuk ....
A. Mengalahkan populasi makhluk hidup lain
B. Beradaptasi dengan lingkungan
C. Memenuhi kebutuhan makanan
D. Mempertahankan keturunannya


2. Sistem perkembangbiakan pria tersusun dari organ luar yang terdiri dari ....
A. Vagina dan rahim
B. Sperma dan Zigot
C. Anus dan penis
D. Penis dan skrotum

3. Manusia mengalami reproduksi secara ....
A. Membelah diri
B. Vegetatif
C. Generatif
D. Spora

4. Selama masa pubertas pria, testis yang dimilikinya mulai bekerja menghasilkan ....
A. Sel betina
B. Sel telur
C. Sel kelamin
D. Sperma

5. Bagian organ reproduksi pria yang membungkus testis adalah ....
A. Skrotum
B. Ginjal
C. Uretra
D. Penis

6. Saat wanita sudah memasuki masa pubertas, sel telur mulai tumbuh dalam ....
A. Penis
B. Ovum
C. Perut
D. Ovarium

7. Tempat pertumbuhan sel telur yang telah dibuahi dinamakan ....
A. Ovum
B. Uterus
C. Vagina
D. Uretra

8. Cairan kimia yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengendalikan proses-proses metabolisme dalam tubuh dinamakan ....
A. Enzim
B. Sel
C. Hormon
D. Vitamin

9. Sperma mempunyai struktur sebagai sel-sel tunggal yang tersusun dari kepala dan ekor. Ekor berfungsi untuk ....
A. Menggerakkan sperma
B. Informasi genetik
C. Menggerakkan testis
D. Mengurai DNA


10. Proses dimana ovarium menghasilkan sebuah sel telur yang masak disebut proses ....
A. Ovulasi
B. Reproduksi
C. Ejakulasi
D. Respirasi

11. Berikut ini yang tidak termasuk organ reproduksi wanita adalah ....
A. Ovum
B. Uterus
C. Testis
D. Oviduk

12. Perubahan yang terjadi tiap bulan pada organ reproduksi wanita disebut siklus ....
A. Sel telur
B. Sperma
C. Ovulasi
D. Menstruasi

13. Peleburan sperma dengan sel telur dikenal sebagai proses ....
A. Fertilisasi
B. Inseminasi
C. Penyerbukan
D. Kelahiran

14. Pembuahan antara sel telur dan sperma terjadi di dalam saluran telur, dan menghasilkan ....
A. Zigot
B. Darah
C. Urine
D. Sperma

15. Tahapan saat tubuh manusia mencapai kedewasaan fisik yang ditandai dengan perubahan dalam penampakan fisik dan pada tahap ini tubuh telah mampu melaksanakan perkembangbiakan atau reproduksi dinamakan tahapan ....
A. Dewasa
B. Remaja
C. Pubertas
D. Penuaan

16. Pembentukan sel kelamin (sel telur/ ovum) pada perempuan disebut ....
A. Oogenesis
B. Spermatogenesis
C. Spermatogonia
D. Fertilisasi

17. Sel telur yang telah dibuahi disebut ....
A. Embrio
B. Zigot
C. Rahim
D. Janin

18. Pada testis terdapat sel induk sperma yang dinamakan ....
A. Spermatogonia
B. Spermatogenesis
C. Spermatozoa
D. Spermagonium

19. Lama waktu siklus menstruasi pada setiap wanita adalah ....
A. Sama
B. Berbeda-beda
C. Seperti laki-laki
D. Jangka waktunya sama

20. Sel telur yang tidak dibuahi di dalam saluran telur, maka akan rusak. Dinding rahim akan luruh dan terjadi pendarahan. Peristiwa tersebut dikenal dengan istilah .....
A. Menstruasi
B. Gagal ginjal
C. Ejakulasi
D. Pembuahan

21. Zigot akan tumbuh dalam uterus sampai bayi dilahirkan kurang lebih berkisar ....
A. 12 bulan
B. 9 bulan
C. 20 bulan
D. 3 bulan

22. Virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus ini meru pakan virus yang menyebabkan hilangnya sistem ....
A. Reproduksi
B. Kekebalan tubuh
C. Pencernaan
D. Ekskresi

23. Penyakit menular pada sistem reproduksi manusia yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum adalah ....
A. HIV
B. Herpes Simplex Genitalis
C. Kencing nanah
D. Sifilis

24. Berikut ini adalah gejala awal penyakit HIV, kecuali ....
A. Tubuh menjadi lemah
B. Berkeringat berlebihan di malam hari
C. Diare terus-menerus
D. Jerawat yang tidak sembuh-sembuh

25. Penyakit AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome) yang disebabkan oleh Virus ....
A. HIV
B. Influenza
C. TBC
D. SARS



B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!


1. Sebutkan 3 organ reproduksi pada pria dan fungsinya!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2. Sebutkan 4 organ reproduksi pada wanita dan fungsinya!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3. Sebutkan 3 penyakit yang berkaitan dengan sistem reproduksi manusia!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4. Jelaskan pengertian vasektomi dan tubektomi!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

5. Sebutkan tiga ciri tanda kelamin sekunder pada laki-laki dan perempuan!
Jawab : ...............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................


Petunjuk!
1. Tugas dikerjakan di buku tugas
2. Tugas dikumpul pada hari Senin tanggal 19 Agustus 2019

TUGAS 1 (SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA)



A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C, ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Proses membuang zat sisa metabolisme disebut sistem ....
A. Reproduksi
B. Ekskresi
C. Pencernaan
D. Pernafasan

2. Proses metabolisme tubuh menghasilkan zat-zat sisa seperti di bawah ini, kecuali ....
A. Karbondioksida
B. Amonia
C. Urea
D. Karbohidrat

3. Organ utama sistem urin adalah sepasang ....
A. Hati
B. Jantung
C. Ginjal
D. Paru-paru

4. Kantung berotot yang menyimpan urin dinamakan ....
A. Uretra
B. Ureter
C. Kantung Kemih
D. Katup Jantung

5. Lapisan permukaan kulit disebut lapisan ....
A. Epidermis
B. Medula
C. Korteks
D. Kelenjar Keringat

6. Paru-paru termasuk organ pengeluaran karena udara pernapasan yang dikeluarkan mengandung ....
A. Oksigen
B. Nitrogen
C. Amonia
D. Karbondioksida

7. Ketika tubuh menjadi panas, pembuluh darah melebar sehingga pori-pori kulit terbuka dan mengeluarkan ....
A. Bau
B. Darah
C. Keringat
D. Karbondioksida

8. Sistem urin manusia tersusun dari organ berikut, kecuali ....
A. Lambung
B. Ginjal
C. Kantung kemih
D. Uretra

9. Organ Ginjal berfungsi menyaring darah yang telah mengandung zat sisa metabolisme dari ....
A. Sel-sel tubuh
B. Jantung
C. Rangka badan
D. Paru-paru

10. Berikut ini yang tidak termasuk organ pengeleluaran adalah ....
A. Hati
B. Jantung
C. Ginjal
D. Paru-Paru

11. Proses penyerapan kembali zat-zat yang masih dipergunakan tubuh disebut ....
A. Regulasi
B. Resitasi
C. Respirasi
D. Reabsorbsi

12. Adanya kelenjar keringat merupakan cara dari tubuh untuk mempertahankan panas tubuh agar ....
A. Suhunya tetap
B. Suhunya dinamis
C. Suhunya naik turun
D. Suhunya dingin

13. Sel-sel hati berfungsi sebagai tempat perombakan sel-sel darah merah dan menguraikan hemoglobin sehingga menghasilkan ....
A. Enzim tripsin
B. Kelenjar getah bening
C. Zat warna empedu
D. Zat urin

14.  Terbentuknya batu ginjal bisa disebabkan karena urin terlalu pekat dan kurang ....
A. Makanan berkalsium
B. Minuman asam
C. Minum
D. Makan

15. Berikut ini yang tidak merupakan gangguan sistem ekskresi pada manusia adalah ....
A. Batu ginjal
B. Sistitis
C. Osteoporosis
D. Nefrosis

16. Pembentukan urine terjadi melalui tiga tahapan yaitu ....
A. Filtrasi (penyaringan), Reabsorpsi (penyerapan kembali) dan Sekresi (pengeluaran)
B. Filtrasi (penyaringan), Sekresi (Pengeluaran) dan Reabsorpsi (penyerapan kembali)
C. Reabsorpsi (penyerapan kembali), Sekresi (Pengeluaran) dan Filtrasi (penyaringan)
D. Filtrasi (penyaringan), Respirasi (Penguapan) dan Sekresi (Pengeluaran)

17. Urine dari rongga ginjal, menuju ke kandung kemih melalui ....
A. Ureter
B. Uretra
C. Tubulus Proksimal
D. Tubulus Distal

18. Pergantian lapisan epidermis dilakukan oleh lapisan sel-sel hidup, yang disebut ....
A. Lapisan Malphigi
B. Lapisan Dermis
C. Kulit Ari
D. Lapisan jaringan ikat

19. Kelenjar minyak pada kulit berfungsi untuk meminyaki rambut dan permukaan kulit sehingga terjaga dari pengaruh ....
A. Permukaan yang kasar
B. Suhu yang tinggi
C. Cuaca dingin di lingkungan
D. Kuman dan bakteri

20. Apabila terjadi penyumbatan saluran kantung empedu, cairan empedu akan masuk ke peredaran darah, sehingga darah akan berwarna ....
A. Kebiru-biruan
B. Kemerah-merahan
C. Kehijau-hijauan
D. Kekuning-kuningan

21. Dalam keadaan suhu tubuh yang lebih tinggi maka tubuh akan menghasilkan keringat dengan ....
A. Lebih sedikit
B. Biasa saja
C. Lebih kental
D. Lebih banyak

22. Ginjal terdiri atas tiga lapisan, kecuali ....
A. Korteks
B. Medula
C. Pelvis
D. Dermis

23. Gangguan pada sistem ekskresi dimana membran glomerulus bocor sehingga meyebabkan sejumlah besar protein keluar dari darah menuju urin dinamakan ....
A. Sistitis
B. Nefrosis
C. Nefritis
D. Batu Ginjal

24. Orang yang menderita kerusakan ginjal secara fatal, ia masih bisa menyaring darahnya dengan ginjal buatan. Proses ini disebut cuci darah atau disebut juga dengan ....
A. Dialisis
B. Diagnosis
C. Reabsopsi
D. Metabolisme

25. Cara memelihara agar ginjal kita tetap sehat diantaranya dengan ....
A. Banyak minum air putih
B. Banyak minuman vitamin
C. Banyak minum suplemen
D. Banyak minuman berwarna


B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Tuiskan Pengertian Sistem Ekskresi!
Jawab :
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

2. Sebutkan organ-organ sistem ekskresi pada manusia!
Jawab :
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

3. Tuliskan 3 fungsi hati!
Jawab :
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

4. Sebutkan kelainan atau penyakit yang diakibatkan oleh kelainan struktur maupun fungsi sistem ekskresi !
Jawab :
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

5. Tuliskan 3 fungsi kulit!
Jawab :
.........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Petunjuk!
1. Tugas dikerjakan di buku tugas
2. Tugas dikumpul pada hari Senin tanggal 5 Agustus 2019