Wednesday 18 March 2020

JENIS JENIS EKOSISTEM SERTA CONTOHNYA

A. Jenis-Jenis Ekosistem
Ekosistem merupakan hasil interaksi yang dapat terjadi antara makhluk hidup terhadap komponen bumi yang tidak hidup. Perbedaan ekosistem dapat dipengaruhi oleh iklim dan juga tempat ekosistem berada. Bumi dikelilingi oleh daratan dan juga air maka terdapat 2 ekosistem di bumi yaitu ekosistem darat dan ekosistem air.

1. Ekosistem Darat
Ekosistem darat juga dapat disebut dengan bioma yang merupakan daerah yang memiliki sifat, iklim, dan tempat berkumpulnya berbagai macam makhluk hidup, dan juga tingkat geografis yang sama.
Ekosistem daratan dapat dibedakan menjadi 8 yaitu bioma hutan hujan tropis, bioma hutan gugur, bioma padang rumput, bioma savana, bioma tundra, bioma taiga, bioma karst dan bioma gurun.



Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis dari ekosistem darat :
a. Bioma hutan hujan tropis
Bioma hutan hujan tropis yaitu berada pada daerah iklim tropis yang memiliki curah hujan yang tinggi. Dan memiliki suhu tropis sekitar 25 derajat.
b. Bioma hutan
Bioma hutan gugur yaitu berada pada daerah yang memiliki 4 musim maupun subtropis dan berbeda dengan hutan hujan yang akan selalu hujan. Di hutan hujan intensitas hujan  lebih merata dan hutan gugur memiliki kemampuan untuk beradaptasi yang baik dengan perubahan musim.
c. Bioma padang rumput
Bioma padang rumput biasanya dapat ditemukan di daerah yang memiliki iklim tropis dan juga subtropis  yang cenderung memiliki curah hujan yang rendah. Dengan curah hujan yang rendah maka membuat pohon hidup hanya dengan jumlah yang sedikit. Rata-rata yang hidup yang berjenis tumbuhan pendek dan bisa sangat subur dan juga tidak subur.
Bioma savana terletak di daerah tropis dan memiliki curah hujan tinggi bila dibandingkan dengan padang rumput.
e. Bioma taiga
Bioma taiga berada di daerah yang iklim dingin dan jenis pohon yang terdapat adalah pohon-pohon berjenis daun jarum.
f. Bioma tundra
Bioma tundra berada di daerah terdingin yang ada di bumi seperti antartika dan juga artis , yang biasanya selama musim dingin tidak adanya cahaya matahari yang masuk.
g. Bioma gurun
Bioma gurun berada didaerah yang paling panas dan hanya memiliki sedikit curah hujan dan juga dapat dikatakan tidak memiliki curah hujan.
h. Bioma kasrt
Bioma kasrt di daerah yang kumpulan batu gamping.
Yang merupakan ekosistem besar yang ada di bumi yang sebagian besarnya terdiri dari air. Ekosistem ini juga dapat dipengaruhi oleh cahaya matahari yang masuk.
Ekosistem air dapat dibedakan menjadi dua yaitu air tawar dan air laut.
a. Ekosistem air
Ekosistem air tawar yang memiliki kadar garam yang sedikit dan juga dapat dibedakan berdasarkan keadaan air.
b. Ekosistem laut
Ekosistem laut yang memiliki kadar yang tinggi dan ekosistem ini memiliki pergerakan air yang dapat dipengaruhi oleh arah angin.
B. Contoh Ekosistem
1. Contoh Ekosistem Alami :
a. Hutan hujan
b. Hutan gugur
c. Ekosistem padang rumput
d. Ekosistem sungai
e. Ekosistem danau
f. Rawa-rawa
g. Ekosistem pantai
2. Contoh Ekosistem Buatan:
a. Suaka marga satwa
b. Taman hutan raya
c. Taman safari
d. Waduk

No comments:
Write komentar